Peran Teknologi Dalam Industri Hotel

Peran Teknologi Dalam Industri Hotel

Lebih aman untuk mengatakan bahwa kemajuan teknologi telah memainkan peran penting dalam pengembangan industri perhotelan selama dua dekade terakhir. Sebagai pendiri agen pemasaran digital yang mengkhususkan diri pada merek perhotelan, saya telah melihat secara langsung bagaimana hotel memperoleh tingkat keterpaparan konsumen yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui pertumbuhan mesin pencari, media sosial dan yang terpenting, smartphone.

Tahun ini hanya melanjutkan evolusi ini, menandai meluasnya adopsi beberapa teknologi baru yang telah mempengaruhi bagaimana hotel berinteraksi dengan tamu mereka.

Pertama dan terutama untuk hampir semua industri adalah pencarian suara. Beberapa tahun yang lalu, namun semakin populer belakangan, pencarian suara memungkinkan konsumen untuk secara lisan memasukkan kueri mereka ke dalam perangkat seperti smartphone, tablet, dan asisten suara seperti Amazon Echo atau Google Home. Cepat, mudah dan handsfree, banyak konsumen merasa senang mengetik kueri menggunakan keypads kecil di smartphone.

Karena perbedaan yang melekat antara kueri penelusuran lisan dan tulisan, penelusuran suara telah memberi dampak pada hotel lebih dari satu hal yang diharapkan. Sedangkan pencarian tertulis mungkin membaca “hotel mewah di Beverly Hills,” sebuah pencarian suara berbunyi sebagai “Apa hotel terbaik di Beverly Hills?” Sifat pencarian suara yang lebih percakapan telah memaksa hotel untuk memikirkan kembali strategi SEO mereka, khususnya jenis mana istilah yang ingin mereka raih. Ini lebih penting daripada sebelumnya untuk memfokuskan strategi Anda seputar kata kunci ekor panjang (lebih panjang dan lebih spesifik) saat melayani algoritme Google melalui konten blog terkait yang mencakup gaya hidup, rekomendasi lokal dan pengalaman yang terkait dengan hotel.

Beranjak dari proses pemesanan, teknologi juga mengilhami perubahan signifikan pada pengalaman hotel di properti. Berkat peningkatan teknologi dpt dipakai seperti Apple Watches and Fitbits – ditambah inovasi smartphone yang terus-menerus – banyak merek mulai menggabungkan fitur berteknologi tinggi untuk meningkatkan masa tinggal seorang tamu.

Salah satu klien kami, Starwood Hotels & Resorts, misalnya, adalah merek utama pertama yang meluncurkan entri tanpa kunci untuk kamarnya pada tahun 2014, sebuah tren yang sejak saat itu menjadi hal biasa bagi merek hotel di seluruh dunia. Dengan mendownload aplikasi mobile resor, para tamu dapat menggunakan ponsel cerdas mereka atau menonton untuk check in di kios virtual, lalu membuka pintu ke kamar mereka tanpa pernah menyentuh kunci tradisional.

Fitur umum lainnya adalah concierge virtual. Aplikasi seperti The Hilton Honors memungkinkan para tamu memesan Uber ke hotel, memesan makan dan minum dalam kamar, atau meminta fitur kamar tambahan seperti bantal dan selimut. Orang lain, seperti Marriott International, membiarkan para tamu mengelola titik loyalitas mereka, mengakses panduan kota, atau meminta staf hotel untuk menunda check-out atau menahan barang bawaan mereka. Dan belum lagi, para tamu dapat menerima tarif terbaik yang tersedia dan keuntungan eksklusif dengan memesan masa inap yang akan datang di dalam aplikasi – dan tidak melalui agen perjalanan online seperti Expedia atau Kayak.

Ini adalah mikrokosmos sempurna dari teknologi peran yang dimainkan di hospitality saat ini: bagian pemasaran, bagian layanan pelanggan. Ini masih merupakan sarana bagi konsumen untuk memilih hotel di tempat pertama, namun karena ini merupakan perpanjangan dari layanan pelanggan hotel, juga menjadi sarana bagi mereka untuk tetap setia ke depan.